Berburu Jajanan Unik Jogja Di Kotagede, Kue Kipo - Traveler Indonesia

Traveler Indonesia

Panduan Wisata Indonesia

Berburu Jajanan Unik Jogja Di Kotagede, Kue Kipo Berburu Jajanan Unik Jogja Di Kotagede, Kue Kipo
Pada satu kesempatan kami telah mengisahkan mengenai perjalanan wisata sejarah di kawasan geritage Jogja, Kotagede. Anda bisa menyusuri berbagai peninggalan kejayaan kerajaan Mataram Islam... Berburu Jajanan Unik Jogja Di Kotagede, Kue Kipo

Pada satu kesempatan kami telah mengisahkan mengenai perjalanan wisata sejarah di kawasan geritage Jogja, Kotagede. Anda bisa menyusuri berbagai peninggalan kejayaan kerajaan Mataram Islam yang memang menjadikan kawasan ini sebagai pusat pemerintahan dan lokasi keraton.

Tetapi tidak hanya itu daya tarik dari kawasan Kotagede, Anda juga bisa menemukan satu jenis jajanan unik Jogja yang bahkan belakangan ini mulai langka. Kue Kipo namanya, kue yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung ketan, air daun suji dan kelapa parut. Kue ini disajikan dengan isian kelapa yang sudah dimasak dengan gula jawa atau dalam bahasa jawa dikenal nten-nten.

jajanan unik jogja kue kipo kotagede yogyakarta

Dengan warna hijaunya yang alami, kue ini sebenarnya akan mengingatkan Anda dengan olahan kue tradisional lain bernama kue bugis, hanya yang satu ini tetap memiliki ciri khas karena adonan dibungkus dalam daun pisang dan disajikan setelah dibakar di atas arang.

Bentuknya juga berbeda, lebih mirip oval kecil seukuran jempol kaki dengan tekstur kenyal yang kering karena efek pemanggangan. Warna hijau yang muncul juga berbeda karena efek proses pemanggangan membuat warna hijau menjadi sedikit pudar, terkikis oleh warna angus tipis yang tampak di permukaan kulit kue kipo.

jajanan unik jogja kue kipo yogyakarta

Sebagaimana kami sampaikan, kue ini pengolahannya juga berbeda, kue akan dicetak di atas daun pisang lebar yang dipaparkan di atas piringan tanah liat. Piringan ini akan menjadi pinggan pembakaran di atas arang. Setelah adonan kulit hampir matang, adonan isi diletakan di tengah kemudian kulit akan dilipat menjadi dua dan dipadatkan sehingga menjadi berbentuk oval. Setelah lapisan kulit terluar tampak memperlihatkan tanda angus tipis, kue baru diangkat dan siap disajikan.

Konon jajanan unik Jogja satu ini sudah ada sejak jaman kerajaan Mataram Kuno dan Mataram Islam. Bahkan menjadi salah satu penganan khas di kerajaan. Hanya saja pada satu masa, kue ini kehilangan pamornya bahkan menjadi sangat sulit untuk Anda temukan, sampai pada tahun 80an, seorang bernama Paijem Djito Suhardjo kembali mengangkat kue kipo ini sebagai jajanan pasar khas kota Jogja, utamanya kawasan Kotagede.

jajanan unik jogja kue kipo jogjakarta

Tak mudah memang menemukan jajanan unik Jogja satu ini, pasalnya di kota Jogja sendiri kue ini tak lag banyak dijajakan. Anda masih bisa menemukannya di beberapa kedai seputaran pasar Kotagede, atau di salah satu penjaja legendarisnya bernama Bu Djito di Jalan Mondorakan no 27 Kotagede.

Soal harga kue satu ini juga dijual dengan harga super murah meriah, jadi tak akan repot membelinya sekedar sebagai camilan di perjalanan Anda. Harganya hanya berkisar Rp 500 untuk satu potong kuenya. Sebenarnya untuk sebuah kue yang konon memiliki nilai sejarah tinggi dan sudah bertahan selama ratusan tahun, jelas sebuah harga yang sangat murah kan? Penasaran dengan jajanan unik Jogja satu ini? jangan lupa mencicipinya dalam perjalanan menyusuri kawasan Kotagede.

sumber gambar jajanan unik jogja:
– jogjabagus.com
– travelingyuk.com
– yogyakarta.panduanwisata.id

Agung Surya

Suka motret dan jalan-jalan. Keliling Indonesia belum kecapaian. He he siapa tahu ada sponsor yang mau nyeponsori untuk keliling Indonesia.

Berburu Jajanan Unik Jogja Di Kotagede, Kue Kipo

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berburu Jajanan Unik Jogja Di Kotagede, Kue Kipo