HOME
Home » Wisata Kuliner » Cicipi Kuliner Khas Jogja Di Pagi Hari, Jenang Lempuyangan

Cicipi Kuliner Khas Jogja Di Pagi Hari, Jenang Lempuyangan

Posted at January 1st, 2017 | Categorised in Wisata Kuliner

Dalam bahasa Jawa, jenang berarti bubur. Siapa yang tidak tergugah seleranya ketika memulai pagi dengan semangkuk bubur yang manis dan gurih. Itulah mungkin yang membuat kuliner khas Jogja satu ini selalu menjadi favorit. Bahkan saking favoritnya, jenang lempuyangan sukses menembus istana gedung Agung Yogyakarta dengan juga menjadi favorit para presiden dan keluarga dari masa ke masa.

Jenang Lempuyangan ini hadir dengan sajian lengkap menggugah selera. Mulai dari jenang atau bubur sumsum, bubur mutiara dan grendul yang terbuat dari bulatan adonan ubi. Anda bisa memilih sajian lengkap atau malah satu satu jenis bubur saja. Biasanya sajian bubur akan disiram dengan kuah juruh atau kuah berisir gul jawa atau dengan kuah santan putih yang dibuat tidak terlalu kental.

Jenang asli dari Lempuyangan ini dijajakan di tengah pasar Lempuyangan. Pasar Lempuyangan sendiri berlokasi sekitar 300 meter dari stasiun Lempuyangan ke selatan, tepatnya di Jalan Hayam Wuruk. Posisi kedai tepat di sisi selatan bagian pasar yang dikenal bersih dan modern ini.

kuliner khas jogja jenang lempuyangan

Kedai ini sudah berjalan setidaknya selama 60 tahunan dan masih tetap disukai banyak kalangan dari generasi ke generasi. Bahkan pengelolaannya juga sudah turun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Beruntung meski sudah turun temurun, soal rasa masih saja sama nendangnya dengan generasi sebelumnya. Kuliner khas Jogja ini menjadi legenda Jogja sebagai kota wisata.

Meski buka cukup siang sekitar pukul 9 pagi, tetap saja penganan ini tak pernah kehabisan konsumen. Pukul 10 saja kedai yang kini dikelola oleh keturunan ketiga, Mbak Mila sudah dipenuhi antrian pembeli sampai memanjang. Bahkan kesiangan sedikit Anda sudah tidak dapat kesempatan lagi mencicipi gurihnya jenang Lempuyangan karena dagangan ludes terjual.  Sang pemilik biasanya malah sudah menutup usahanya ketika pukul dua siang.

Tak dapat dipungkiri, meski hidangan ini berasa manis, tetapi rasa legitnya khas dan ini membuat kuliner khas Jogja satu ini disukai banyak kalangan. Saking terkenal dan disukai, sebagaimana kami katakan jenang Lempuyangan selalu menjadi penganan favorit bagi keluarga kepresidenan acap kali mereka datang berkunjung ke Yogya dan menginap di Gedung Agung.

kuliner khas jogja jenang lempuyangan bu gesti

Menurut pemiliknya sekarang, biasanya petugas dari Istana akan memesan khusus dan mengambilnya untuk disajikan di dalam istana. Kebiasaan ini sudah dimulai sejak masa pemerintahan Soekarno, Soeharto sampai sekarang.

Konon, meski jenang sejenis juga bisa Anda jumpai di pasar-pasar tradisional lain di seantero kuliner khas Jogja, jenang Lempuyangan masih tetap menjadi yang paling disukai. Jadi penasaran kan bagaimana nikmat dan segarnya jenang mutiara atau jenang sumsum khas dari jenang Lempuyangan ini. Jadi jangan ragu menyempatka diri mampir di kedai Mbak Mila ini. Tidak setiap hari kan mendapat kesempatan unik sarapan dengan bubur aneka rupa khas pasar Lempuyangan seperti ini?

sumber gambar kuliner khas Jogja jenang lempuyangan:
– tribunnews.com
– ceritamakan.com

Baca Juga

No comment for Cicipi Kuliner Khas Jogja Di Pagi Hari, Jenang Lempuyangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Cicipi Kuliner Khas Jogja Di Pagi Hari, Jenang Lempuyangan

Es Krim Tip Top, Es Krim Old Dish Ala Jogja

Posted at 08/09/2017

Beberapa kuliner asli Jogja memang hadir sebagai legenda dan masih mampu bertahan menantang waktu. Salah satunya legenda es krim asli Jogja satu ini, es... Read More

Legenda Kuliner Gudeg Yogya Gudeg Yu Djum

Icip-icip 4 Legenda Kuliner Gudeg Jogja

Posted at 20/01/2017

Ketika bicara soal kuliner kota Jogja, satu jenis makanan sudah pasti melintas dalam benak Kamu. Apalagi kalau bukan kuliner gudeg Yogya. Makanan satu ini... Read More

Usaha Kuliner Legendaris Yogya tenongan trubus

Usaha Kuliner Legendaris Jogja Dari Trubus

Posted at 13/01/2017

Bila satu waktu Kamu bertemu dengan penjaja kue dengan konsep dipikul, dimana penjajanya mengenakan busana khas blus putih klasik dengan jarik kain batik serta... Read More

kue kipo jogjakarta

Berburu Jajanan Unik Jogja Di Kotagede, Kue Kipo

Posted at 03/01/2017

Pada satu kesempatan kami telah mengisahkan mengenai perjalanan wisata sejarah di kawasan geritage Jogja, Kotagede. Anda bisa menyusuri berbagai peninggalan kejayaan kerajaan Mataram Islam... Read More

sate karang kotagede jogja

Sate Karang Kotagede, Yang Khas Dari Kota Tua Yogya

Posted at 28/12/2016

Tak banyak yang tau Anda bisa menjumpai jejak sejarah keberadaan kawasan Mataram Islam di kawasan Kotagede. Anda bisa menemukan berbagai petilasan kejayaan kerajaan yang... Read More