Icip-icip 4 Legenda Kuliner Gudeg Jogja - Traveler Indonesia

Traveler Indonesia

Panduan Wisata Indonesia

Icip-icip 4 Legenda Kuliner Gudeg Jogja Icip-icip 4 Legenda Kuliner Gudeg Jogja
Ketika bicara soal kuliner kota Jogja, satu jenis makanan sudah pasti melintas dalam benak Kamu. Apalagi kalau bukan kuliner gudeg Yogya. Makanan satu ini... Icip-icip 4 Legenda Kuliner Gudeg Jogja

Ketika bicara soal kuliner kota Jogja, satu jenis makanan sudah pasti melintas dalam benak Kamu. Apalagi kalau bukan kuliner gudeg Yogya. Makanan satu ini memang unik dan meski sudah bisa Kamu temukan di luar Jogja, tetap saja yang paling adalah yang asli Kamu nikmati di tanah Yogya.

Kuliner gudeg memang sangat khas, dengan rasa manis gurihnya yang nikmat dari sayur nangka muda kecoklatan yang lembut di lidah, pedas khas dari sambal goreng kreceknya dan tentu saja aneka lauk bumbu gudeg yang tak kalah menggoda lidah seperti ayam, telur dan tempe tahu.

Bagi Kamu yang terbiasa menikmati gudeg sebenarnya pasti tau kalau sebenarnya ada beragam jenis gudeg yang dijajakan di kota ini. Dan masing-masing penjaja menyuguhkan daya tarik rasa yang berbeda, meski selintas benar-benar tampak serupa.

Beberapa dari penjaja ini sudah menjadi legenda gudeg berkat kisah panjang mereka menjadi penjaja gudeg sejak puluhan tahun lampau. Bahkan beberapa mengaku menjadi langganan beberapa tokoh penting Indonesia acapkali mereka bertandang ke kota gudeg ini. Dan beberapa legenda kuliner gudeg Jogja itu antara lain :

  1. Gudeg wijilan Yu Djum
    Legenda Kuliner Gudeg Yogya Gudeg Yu Djum
    Konon kalau di masa lalu kawasan Wijilan memang menjadi pusat produksi gudeg, makanya jangan heran kalau Kamu menyambangi daerah yang berlokasi dekat dengan Plekung Gading ini akan akan dimanjakan dengan jajaran penjual gudeg yang siap menggoda selera Kamu. Dan salah satu yang melegenda di sana adalah gudeg Yu Djum.
    Gudeg satu ini memiliki tipe kering dengan rasa legit yang kuat. Sepenuhnya masih di produksi dengan cara lama dan tradisional jadi soal rasa jelas tak perlu ragu lagi. Sebenarnya pusat dapur dari gudeg Yu Djum terletak di kawasan Bulak Sumur utara UGM, jadi Kamu juga membelinya langsung dari dapur utamanya. Atau menjajalnya di beberapa resto yang terletak di beberapa lokasi di Jogja seperti kawasan Jalan Solo dan jalan Kaliurang.
  2. Gudeg PermataLegenda Kuliner Gudeg Yogya Gudeg PermataDi masa lalu tepat di pertigaan jalan Gajah Mada berdiri bioskop Permata. Dimama hari tepat di depannya berdiri sebuah penjaja kaki lima sederhana gudeg yang kemudian lebih dikenal sebagai gudeg permata. Gudeg ini termasuk legenda kuliner gudeg Jogja jenis gudeg basah dengan rasa khasnya yang gurih manis.
    Siap-siap berhadapan dengan antrian panjang kalau berencana menikmati gudeg satu ini. Karena saking melegendanya gudeg Permata memang seperti tak pernah kehabisan pembeli meski sudah berjalan dari satu generasi ke generasi.
  3. Gudeg Bu TjitroLegenda Kuliner Gudeg Yogya Gudeg Bu TjitroKonon kalau bicara gudeg tua, yang satu ini bisa jadi masuk dalam daftar tersebut. Diakui berdiri sejak tahun 1925, sudah sejak masa penjajahan Belanda menjadi gudeg pertama yang masuk gedung Agung, istana Presiden di Jogjakarta.
    Kini gudeg ini juga menghadirkan gudeg dalam kemasan kaleng yang konon awet sampai bulanan. Soal rasa rasa klasik gurih dari gudeg satu ini menjadi ciri khas yang tak pernah lekang dari masa ke masa.
  4. Gudeg DjumintenLegenda Kuliner Gudeg Yogya Gudeg Bu DjumintenMau mencicipi kuliner gudeg Jogja yang konon juga menjadi favorit mereka para tokoh kemerdekaan di masa lalu? Jajal saja merapat ke daerah Kranggan, dan temukan satu warun gudeg di sudut jalan bernama gudeg Juminten. Gudeg ini tak seramai gudeg-gudeg lain tapi sama melegendanya dengan gudeg bu Tjitro.

sumber gambar legenda kuliner gudeg jogja:
– gudegkaleng.web.id
– gudegyudjumpusat.com
– santapjogja.com
– jalan2men.com

Agung Surya

Suka motret dan jalan-jalan. Keliling Indonesia belum kecapaian. He he siapa tahu ada sponsor yang mau nyeponsori untuk keliling Indonesia.

Icip-icip 4 Legenda Kuliner Gudeg Jogja

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Icip-icip 4 Legenda Kuliner Gudeg Jogja