Museum Angkut Wisata Edukasi Seru Di Malang - Traveler Indonesia

Traveler Indonesia

Panduan Wisata Indonesia

Museum Angkut Wisata Edukasi Seru Di Malang Museum Angkut Wisata Edukasi Seru Di Malang
Petualangan seru di dalam museum ternyata juga bisa mengasyikan dan jauh dari kata membosankan di museum Angkut Malang. Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang... Museum Angkut Wisata Edukasi Seru Di Malang

Petualangan seru di dalam museum ternyata juga bisa mengasyikan dan jauh dari kata membosankan di museum Angkut Malang.

Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang cantik, keseruan wahana-wahan hiburan dan aktivitas alam yang menantang dan menenangkan, kawasan Batu Malang rupanya juga memiliki kawasan wisata edukasi yang tak boleh Kamu lewatkan. Namanya lokasi wisata Museum Angkut atau museum transport.

Meski bertajuk museum, tak lantas membuat lokasi wisata ini terasa menjemukan dan bernuansa formal. Kawasan wisata ini justru memberi kesan museum ternyata juga bisa seru dan mengasyikan. Penataan museum dan konsep pembangunannya yang lebih kekinian membuat Kamu tak jengah menjelajahinya.

Hitungannya museum ini memang terbilang baru, tak heran jadinya kalau konsepnya cukup kekinian. Lokasi museum ini diresmikan pada 9 maret 2014, dan mengingat di masa itu, trend selfie sudah mulai digandrungi anak muda, lokasi museum ini juga dibuat cukup bersahabat untuk Kamu yang gemar berselfie ria.

Dengan bermodal biaya tiket 60 ribu di hari biasa dan 80 ribu di hari libur, Kamu akan dimanjakan dengan informasi edukatif mengenai beragam kendaraan angkutan umum dari masa ke masa. Mulai dari masa-masa tradisional sampai masa modern.

Kawasan seluas 3 hektar ini memiliki bangunan utama di tengah yang menjadi pusat pameran koleksi museum. Yang membuatnya menarik, setiap koleksi seolah diset dalam sebuah diorama yang menggambarkan suasana di masa kendaraan tersebut digunakan.

 

 

Beberapa koleksi merupakan kendaraan asli yang digunakan di Indonesia. Mulai dari pedati, andong, onthel, sampai yang modern kekinian seperti pesawat terbang dan kereta api. Tetapi beberapa koleksi khas dari museum angkut ini justru menarik minat karena fitur dan bentuknya yang unik dan aneh. Koleksi unik ini juga yang menjadi daya pikat dari museum angkut.

Gedung utama sendiri terbagi dalam beberapa zona hall. Zona utama menjadi pengantar dari konsep museum angkut dengan memamerkan sejumlah koleksi terbaik dari museum, termasuk koleksi-koleksi khusus dari berbagai negara.

Kemudian zona edukasi yang memamerkan beragam kendaraan yang menjadi trend dari masa ke masa. Termasuk transportasi umum dan kendaraan populer di masanya masing-masing. Koleksi terbaik dari zona ini adalah kendaraan pribadi Soekarno, yakni sebuah kendaraan Chrysler Windsor Deluxe.

Zona berikutnya adalah zona kendaraan klasik dari masa Batavia dan Sunda Kelapa, kemudian gangster yang menjadi ruang pamer kendaraan kawasan Amerika Utara di tahun 50an. Lokasi ini dibuat menyerupai lokasi broadway di tahun 50an yang ternama akan para gangsternya.

Lokasi berikutnya adalah zona Jepang, zona Eropa, zona Buckingham, zona Las Vegas dan zona Hollywood. Setiap zona memamerkan kendaraan yang relevan seperti kendaraan produksi Jepang di zona Jepang dan kendaraan yang lazim dipakai di film-film Hollywood kuno untuk zona Hollywood. Suasana zona dibuat sebagai diorama yang menyerupai suasana di lokasi bersangkutan.

Lepas dari zona-zona kendaraan ini Kamu akan bertemu dengan area terbuka dengan sungai buatan di tengahnya. Disana berdiri area pasar apung dengan kapal-kapal sebagai penyangga pasar. Kamu bisa berbelanja bahkan mencari menu makan siang di lokasi ini.

Seru sekali bukan? seperti sudah dikatakan, museum angkut ini hadir dengan konsep lebih kekinian dan jauh dari kata membosankan. Lokasinya juga sangat mudah dicapai, masih di kawasan pusat Batu Malang, tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Malang.

Baca juga wisata Malang lainnya :

Batu Night Spectacular

Pesona Coban Talun

Kampung Warna Warni Jodipan

Foto :

renidwiyati.com & koleksi pribadi

Agung Surya

Suka motret dan jalan-jalan. Keliling Indonesia belum kecapaian. He he siapa tahu ada sponsor yang mau nyeponsori untuk keliling Indonesia.

Museum Angkut Wisata Edukasi Seru Di Malang

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Museum Angkut Wisata Edukasi Seru Di Malang