HOME
Home » Wisata Indonesia » Wisata Jogja » Telisik Sejarah Perjuangan Jogja Di Museum Monjali

Telisik Sejarah Perjuangan Jogja Di Museum Monjali

Posted at October 9th, 2018 | Categorised in Wisata Indonesia, Wisata Jogja

Telisik Sejarah Perjuangan Jogja Di Museum Monjali

Museum monjali, destinasi wisata sejarah untuk menyusuri kisah perjuangan kota Yogyakarta dalam mengembalikan kedaulatan bangsa di masa kemerdekaan.

Museum Monjali sebenarnya kependekan dari Monumen Jogja Kembali. Bangunan ini didirikan sebagai bentuk peringatan atas peristiwa 1 maret 1949 atau perebutan kekuasaan TNI atas kedaulatan Indonesia dengan pendudukan atas Yogyakarta dalam 6 jam. Peristiwa ini menjadi titik balik pengakuan dunia atas kedaulatan Indonesia dan membuka jalan lebar atas kemerdakaan Indonesia yang utuh.

Karena pentingnya peristiwa ini bagi peran kota Jogja dalam kisah perjuangan bangsa, maka oleh Sultan Hamengku Buwono IX didirikannya museum Monjali ini dengan peletakan batu pertama pada 29 Juni 1985 dan diresmikan 4 tahun kemudian pada Juli 1989 oleh Presiden Soeharto. Nama Jogja Kembali dipilih untuk menyimbolkan kejayaan TNI untuk mengembalikan Jogja ke tangan Indonesia.

Yang menarik bangunan ini sengaja memang dibuat dalam desain kerucut dengan desain modern. Memberi kesan Jogja akan berkembang menjadi kota modern yang tetap menjunjung tinggi budaya dan tradisi murni masyarakat Jawa. Bahkan bangunan ini berdiri pada garis imajiner kebanggaan masyarakat Yogyakarta yang menghubungkan Gunung Merapi, Tugu, Keraton, Panggung Krapyak dan Laut Selatan.

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Bila Anda menempuh perjalanan menyusuri jalur Ring Road utara ke arah barat, tepat di perempatan Jl Palagan Tentara Pelajar Anda akan menemukan sebuah bangunan unik berbentuk serupa dengan tumpeng atau kerucut besar berwarna putih.  Inilah bangunan ikon dari Jogja Utara, Museum Monjali.

Bisa klik disini https://goo.gl/maps/VRQ5PumGs9H2 kamu langsung menuju peta arah Monjali. Untuk alamat lengkapnya kamu bisa menelusuri di Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Harga Tiket Monjali

Memasuki lokasi pelataran Monumen ini dengan tiket murah meriah hanya Rp 7.500, Anda akan menemukan sebuah ruang lapang besar dengan 4 jagang atau kolam di 4 arah mata angin. Dalam mitologi Jawa, Jagang ini serupa dengan konsep perlindungan.

Bentuk dan Struktur Bangunan

Pada pintu gerbang awal dari museum Monjali, Anda akan menjumpai dua replika pesawat yang telah digunakan pada masa perjuangan TNI di awal kemerdekaan Indonesia, Pesawat Cureng dan Pesawat Gurai. Pada podium barat dan timur tepat menuju pintu masuk bangunan Anda akan menjumpai dua buah senjata sejenis meriam kecil beroda tinggalan masa perjuangan, PSU Kaliber 60mm buatan Rusia.

Di sisi selatan berdiri sebuah dinding yang menuliskan deretan nama pejuang yang gugur dalam perjuangan perebutan kota Yogyakarta tahun 1949 tersebut. Juga terdapat pahatan tulisan naskah puisi karangan maestro puisi di masa perjuangan Chairil Anwar.

Memasuki bangunan utama, terdapat 3 lantai yang bisa Anda jelajahi. Lantai pertama menjadi ruang pajang koleksi museum berupa benda-benda peninggalan masa perjuangan. Termasuk di antaranya tandu asli untuk mengusung Jendral Soedirman bergerilya. Di salah satu ruang terdapat perpustakaan untuk menyimpan  literatur mengenai sejarah perang kemerdekaan. Sedang di bagian lain lantai 1 terdapat ruang serbaguna untuk keperluan umum.

Lantai 2 menjadi ruang relief dan diorama kisah perjuangan perebutan Yogyakarta di tahun 1949. Mulai dari pendudukan Belanda sampai perebutan kembali. Ini memudahkan pengunjung memahami kisah sebenarnya dari perjuangan tersebut. Sedang di lantai 3 Anda akan menemukan ruang senyap untuk mendoakan arwah para pahlawan.

Apa Yang Bisa Dilakukan Disini

Wisata sejarah adalah salah satu bagian menarik dari pariwisata Jogja. Apalagi museum-museum ini tak hanya tampil sebagai salah satu tonggak sejarah, tetapi juga arena hiburan dengan taman pelangi di pelatarannya.

Monumen Jogja Kembali paling sering di datang para pelajar. Mereka banyak belajar mengetahui jaman pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ilmu sejarah yang di ajarkan di sekolah akan terbukti dengan siswa melihat koleksi dan diorama sejarah perjuangan bangsa.

Foto : youtube

Baca Juga

Tags :

No comment for Telisik Sejarah Perjuangan Jogja Di Museum Monjali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Telisik Sejarah Perjuangan Jogja Di Museum Monjali

10 Gunung Dengan Sunrise Terindah di Indonesia

Posted at 18/10/2018

Siapa sih yang tidak mau menikmati sunrise terindah di Indonesia? Hampir semua para pelancong, traveler akan mencari obyek wisata dengan pemandangan sunrise paling indah.... Read More

Menikmati 15 Wisata Alam di Jogja

Posted at 15/10/2018

Setiap daerah tujuan wisata selalu yang terekspose adalah wisata alam, demikian juga di Jogja. Jogja tidak hanya memiliki keindahan alam saja, numun yang menyertai... Read More

Harga Tiket Masuk Wisata Di Jogja

Posted at 09/10/2018

Harga tiket masuk wisata di Jogja dengan berbagai macam tempat wisata, mulai dari tiket masuk museum, tiket masuk candi, tiket masuk wisata atraksi tersaji... Read More

Candi Ijo Sunset Terindah di Jogja

Posted at 09/10/2018

Mau lihat sunset terindah di Jogja? Kamu cukup berada di Candi Ijo sunset terindah di Jogja . Tinggal meluncur ke sisi timur Jogja menuju... Read More

candi sambisari temple

Candi Sambisari Eksotisme Candi di Bawah Tanah

Posted at 19/09/2018

Candi Sambisari eksotisme candi di bawah tanah. Cukup bingung kan kamu membaca judul di atas? Bagaimana mungkin sebuah candi ada di bawah tanah? Bagaimana... Read More