Usaha Kuliner Legendaris Yogya Dari Trubus - Traveler Indonesia

Traveler Indonesia

Panduan Wisata Indonesia

Usaha Kuliner Legendaris Yogya Dari Trubus Usaha Kuliner Legendaris Yogya Dari Trubus
Bila satu waktu Anda bertemu dengan penjaja kue dengan konsep dipikul, dimana penjajanya mengenakan busana khas blus putih klasik dengan jarik kain batik serta... Usaha Kuliner Legendaris Yogya Dari Trubus

Bila satu waktu Anda bertemu dengan penjaja kue dengan konsep dipikul, dimana penjajanya mengenakan busana khas blus putih klasik dengan jarik kain batik serta membawa sejenis bakul besar dari besi bertingkat bisa jadi Anda sedang bertemu dengan penjaja kue dari trubus. Inilah salah satu perintis usaha kuliner di kota Yogya. Dan seiring perkembangan jaman, trubus menjelma menjadi salah satu usaha kuliner legendaris Yogya.

Berdiri sejak 60an tahun lalu, konon toko penganan ini menjadi toko penganan tertua yang masih bertahan sampai sekarang. Kini Trubus sudah bertahan dalam pengelolaan 3 generasi dan masih tetap memiliki citra sebagai penjaja penganan modern yang super enak, kelezatannya dan kualitas sajiannya tak pernah lekang oleh jaman.

Usaha Kuliner Legendaris Yogya Jajanan Trubus

Di awal usahanya dulu, pemilik sengaja hanya memaksimalkan penjualan dengan penjaja keliling yang biasa disebut tenongan. Penampilan penjaja yang bak perawat di masa lalu ini memang sengaja diarahkan untuk memberi kesan penganan yang sehat dan higienis. Kesan mewah juga muncul karena sajian kue dari trubus cenderung dikemas dengan sangat baik dan disajikan dengan rasa yang akan membuat Anda ketagihan.

Dulu bangunan utama dari usaha Trubus di Pathok, jalan Poncowinatan 67 hanya dijadikan dapur dan rumah tinggal. Kini di jalan yang sama diubah menjadi usaha toko penganan yang menjual aneka hidangan yang dijual di tenongan, seperti aneka gorengan, kue, siomay, mie dan aneka hidangan unik lain. Kini seiring tidak mudah lagi mencari penjaja tenongan, usaha ini lebih banya difokuskan pada sajian pada toko.

Usaha Kuliner Legendaris Yogya Trubus
Soal harga, produk penganan yang ditawarkan Trubus memang sedikit di atas rata-rata. Tetapi harga yang di atas harga umum akan selaras dengan sajian rasa masakan yang sangat menggugah selera.  Itu sebabnya kebanyakan konsumen Trubus adalah kalangan ekonomi menengah ke atas.

Lalu apa saja yang dijajakan dalam Trubus? Segala jenis camilan tradisional dan modern yang sebagian adalah khas Yogya. Mereka memiliki aneka jenis dimsum dan siomay yang menggugah selera, aneka jenis mie dan bihun goreng dengan bumbu ebi yang sangat tersohor, beragam jajanan dengan isian yang lengkap dan rasa yang dijamin lezat seperti lumpia, pastel, kroket, sosis solo, kue sus, aneka jenis cake dan masih banyak camilan lain.

Usaha Kuliner Legendaris Yogya tenongan trubus

Beberapa pelanggan biasanya merekomendasikan jajanan mie goreng dan lumpia dari Trubus. Konon Lumpia dari kuliner legendaris Yogya ini siap bersaing dengan sajian lumpia yang biasa Anda jumpai di Semarang saking enaknya.

Di masa kini penjaja tenongan masih bisa Anda temukan berjualan keliling dengan busana khasnya, tetapi tidak lagi tersebar luas seperti sebelumnya. Untuk bisa menikmati hidangan kuliner legendaris Yogya sebaiknya Anda sambangi sendiri toko Trubus dan temukan deretan aneka penganan penggugah selera buatan Trubus di sana.

sumber gambar usaha kuliner legendaris:
– vlisa.com
– sorotjogja.com
– opensnap.com

Agung Surya

Suka motret dan jalan-jalan. Keliling Indonesia belum kecapaian. He he siapa tahu ada sponsor yang mau nyeponsori untuk keliling Indonesia.

Usaha Kuliner Legendaris Yogya Dari Trubus

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Usaha Kuliner Legendaris Yogya Dari Trubus